Selasa, 26 Januari 2010

Jawaban Ujian HCI

1
Jawaban Ujian HCI :

A.

1. Downloading : Mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya

a. Contoh : download via rapidshare


2. URL : Sebuah alamat yang menunjukkan rute ke file pada Web atau pada fasilitas Internet yang lain. URL diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs Web.

a. Contoh : www.animelyrics.com


3. Link : Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain.

a. Contoh : situs kelenteng Click Here!


4. Subject Directory : sebuah situs katalog dikumpulkan dan disusun oleh manusia. Perihal direktori subjek sering disebut “pohon” karena mereka mulai dengan beberapa kategori utama dan kemudian cabang ke subkategori, topik, dan subtopics

a. Contoh : cara menemukan homepage situs lain.


5. Search Engine : Sebuah (fasilitas) web yang bisa mencari links dari situs lain.

a. Contoh : www.google.co.id, www.yahoo.com


6. Multimedia : Suatu PC, sistem dokumen, dll yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film atau media lain.

a. Contoh : gambar, windows media player, video music


7. Thumbnail : versi kecil dari sebuah graphic, biasanya pada saat thumbnail diklik akan muncul gambar yang lebih besar dari graphic tersebut.

a. Contoh : preview this album


8. Animation : graphic yang dapat bergerak atau munculnya gerakan yang dibuat dengan menampilkan serangkaian gambar diam secara berurutan.

a. Contoh : GIF


9. Audio : gelombang suara biasanya berformatkan MP3,WAV,Midi, dll

a. Contoh : Midi and WAV sounds


10. Plug ins : Program yang memperluas kemampuan browser. Kita dapat men-download banyak plug-in tanpa biaya dari berbagai situs Web.

a. Contoh : Adobe Flash Player

B.

1. Portal : Di dalam dunia internet istilah ini dimaksudkan untuk website yang menyediakan beraneka ragam informasi untuk para penggunanya.

a. Contoh : www.detik.com

2. News : Lembar warta, semacam bulletin. Di Internet berarti lembar warta yang disebarkan via e-mail, dengan tata letak menyerupai halaman web, sehingga link-nya bisa di klik.

a. Contoh : www.kompas.com

3. Informational : informasi yang factual yang biasanya dibuat oleh organisasi dan lembaga pemerintah.

a. Contoh : fasilitas feed pada sebuah websites

4. Bussiness/Marketing : mempromosikan suatu barang yang memungkinkan adanya transaksi jual beli.

a. Contoh : www.tokobukuonline.com

5. Entertaiment : sesuatu yang bersifat hiburan

a. Contoh : kuiz di televisi

6. Advocacy : menggambarkan suatu gagasan, saran atau pendapat.

a. Contoh : www.act.az.org

7. Blog : layanan gratis untuk dapat membuat situs pribadi

a. Contoh : blogger, wordpress

8. Wiki : kolaboratif situs Web yang memungkinkan pengguna untuk menambah, memodifikasi, atau menghapus konten situs Web melalui browser Web mereka.

a. Contoh : www.wikipedia.org

9. Content Agregrator : yang mengumpulkan dan mengatur konten Web dan kemudian mendistribusikan, atau feed, konten untuk pelanggan secara gratis atau dengan biaya

a. Contoh : www.youtube.com

10. Personal : sesuatu yang bersifat pribadi

a. Contoh : Blog pribadi (alamsetiawan.blogspot.com)

1

2.

QWERTY Keyboard








  • Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an.
  • Dirancang untuk memperlambat gerakan pemakai agar tombol mesin tik tidak menyangkut.
  • Pasangan huruf saling berjauhan untuk meningkatkan jarak perge-rakan jari.
  • Standar keyboard bahasa Inggris.
  • Kecepatan rata-rata : 150 kata per menit.

DVORAK Keyboard





  • Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936.
  • Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari.
  • Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit.
  • Belum diterima secara luas

ABCDE Keyboard







  • Tombol-tombol disusun menurut abjad.
Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai


1

3.

A.Monitor

LCD Monitor


Teknologi layar kristal cair/Liquid Crystal Display (LCD) bekerja dengan cara memblok cahaya. Secara khusus, sebuah LCD terdiri dari dua lembar kaca polarized (juga disebut substrat) yang berisi materi kristal cair di antara mereka. Sebuah backlight membuat cahaya yang melewati substrat yang pertama. Pada saat yang sama, arus listrik menyebabkan molekul kristal cair menyesuaikan untuk memungkinkan berbagai tingkat cahaya untuk melewati untuk substrat kedua dan membuat warna dan gambar yang kemudian bisa anda lihat.



CRT Moitor

CRT merupakan sebuah tabung penamplian yang banyak digunakan dalam layar computer, monitor, video, TV, dan oskiloskop. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipaki dalam seluruh pesawat televise sampai akhir abad 20, dan merupakan dasar pengembangan dari layar plasma, LCD, dan bentuk teknologi TV lainnya.


Plasma Monitor


Plasma Monitor adalah teknologi yang menggunakan gas neon/xenon yang diapit dua lapisan pelat kaca. Kejutan listrik dimasukkan kelapisan gas, yang langsung memberi reaksi berupa penciptaan elemen gambar (disebut sebagai piksel). Proses penciptaan gambar dilakukan langsung, tanpa diurai pakai proses lain seperti CRT atau RPTV. Tentu ini membuat kualitas gambar juga jadi lebih bagus. Cara kerja Plasma Monitor dengan menggunakan cahaya yang dipancarkan dari pelepasan Plasma. Untuk menghasilkan hal tersebut di lakukan penyekatan dari sebuah pencampuran gas diantara dua lembar kaca yang membawa elektroda pada interiornya.

LED

Pesawat televisi berbasis LED pertama dibuat oleh Sony pada tahun 2004 dan diikuti oleh Philips lalu Samsung. Menurut Strategies Unlimited, perusahaan riset pasar asal California, Amerika Serikat, pasar LED global tahun lalu nilainya mencapai 5,2 miliar dolar AS. Angka tersebut diperkirakan akan tumbuh 20 persen per tahun dan akan mencapai 12,7 miliar dolar AS di tahun 2013 yang akan datang.


B.Printer

Dot Matrix


Keunggulan Printer Dot Matrix
- printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal awet.
- Dapat mencetak rangkap sekaligus.
- Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar.

Kekurangan Printer Dot Matrix

- pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah.
- ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras

- Geraknya sangat lambat.
- Warna yang dihasilkan tidak bervariasi.

Inkjet

Inkjet printer : Jenis printer computer yang mereproduksi sebuah gambar digital dengan ukuran bervariasi mendorong tetesan cair atau bahan cair(tinta ke sebuah halaman.




Thermal

Thermal printer : printer yang menghasilkan gambar yang dicetak oleh pemanasan selektif thermochromic dilapisi kertas, atau kertas termal seperti umumnya dikenal, ketika melewati kertas termal print head.





Laserjet

Laserjet printer : printer untuk computer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan pertikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas. Alat ini sering lebih ekonomis disbanding menggunakan tinta pencetak tinta






Plotter

Pena komplotan mencetak dengan menggerakkan pena di atas permukaan sepotong kertas. Ini berarti bahwa plot garis dibatasi pada seni, bukan raster grafis seperti printer lain. Komplotan pena dapat menggambar garis kompleks seni, termasuk teks, tetapi melakukannya dengan sangat perlahan karena gerakan mekanis pena. Pen Plotters sering tidak mampu menciptakan daerah padat warna, tetapi dapat menetas daerah dengan menggambar sejumlah dekat, garis-garis teratur. Ketika memori komputer sangat mahal, dan daya prosesor sangat terbatas, ini sering cara tercepat untuk secara efisien menghasilkan gambar yang sangat besar atau warna dengan resolusi tinggi berbasis vektor-karya seni.

4. Yahoo Messenger :

tampilan :



















5. Sudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar